Bupati Wajo Hadiri Panen Raya Dan Tudang Sipulung di Paojepe
Cari Berita

Bupati Wajo Hadiri Panen Raya Dan Tudang Sipulung di Paojepe

Admin
Minggu, 03 Maret 2019




PANTAU WAJO- Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Wajo mengadakan panen raya dirangkaikan dengan tudang sipulung tingkat kecamatan musim tanam April - September 2019 di Desa Paojepe Kecamatan keera, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel)  Minggu,03 Maret 2019.

Hadir pada kesempatan itu,  Bupati Wajo, Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo, anggota DPRD kabupaten Wajo,  Kadis PSDA, Kepala  Statistik,  Danramil, Kapolsek, ketua KTNA,  PPK,  Penyuluh Pertanian,  Ketua Kelompok Tani dan acara ini diprakarsai oleh H. Baharudin yang merupakan salah seorang warga di Paojepe.

H. Baharuddin merupakan salah seorang pemilik lahan seluas 60 Hektar yang dapat menghasilkan 9,8 ton perhektar sekali panen dan bisa menghasilkan 3 sampai 4 Milyar dalam sekali panen, setiap akan turun kesawah mereka melakukan tudang sipulung dan mengadakan rembug tentang bagaimana  penggunaan air, bibit dan lain sebagainya . Dan sebagai laporan Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan peternakan mengatakan kami sudah mengadakan sosialisasi pupuk organik dengan masyarakat tadi pagi di tempat ini.

Hadir memberi sambutan dari Kementerian pertanian Dr. Fausih yang mengatakan kami telah memperkenalkan program varietas kami dan sebelumya telah memberikan bantuan tersebut. Saya berharap untuk info varietas dan tekhnologi pertanian kami terbuka untuk bekerjasama, kami menunggu pemkab Wajo ke lokasi kami dan Inovasi apa yang bisa kita terapkan di Wajo.

Sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. mengatakan apa yang menjadi rencana besar kami 5 tahun kedepan diantaranya Kawasan pertanian terpadu di Uraiyang , kita akan sulap tempat itu menjadi tempat pembelajaran petani-petani kita dengan teknologi pertanian dan melihat langsung tanaman di situ , menjadi percontohan dikelola dengan teknologi dan  saya mau 5 tahun ke depan, semua desa sudah ada pertanian terpadunya.

Kalau nantinya dikerja maksimal dengan tekhnologi Insya Allah hasil panen pasti berlipat dua kali dari yang didapatkan bapak H. Baharuddin yang dari 9,8 ton perhektar bisa menjadi dua kali lipatnya dan ini bisa nantinya membuat para petani kita bangga menjadi seorang petani.

Selain Tanaman juga peternakan kita akan kita kembangkan disana, dengan sentuhan tekhnologi sehingga menjadi cepat dan berkualitas, Universita Gajah Mada akan membackup peternakan kita di Wajo dan inilah program kami yang ingin menjadikan Wajo maju dan sejahtera.

Saya telah memerintahkan pak Sekda untuk kiranya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan pelayanan gampang, mudah dan murah , jangan kita membebani masyarakat, dengan program PATEN masyarakat bisa mengurus KTP, KK dan Surat lainnya hanya di Kecamatan tanpa direpotkan lagi untuk antri di Dinas Catatan Sipil .

Insya Allah nantinya kita akan menata desa desa kita, supaya enak dilihat dan dipandang dan tentunya akan kita kerjasama dengan para Kepala Desa kita Bupati Wajo menutup harapannya .

Sumber:   Humas Pemkab Wajo 
Editor:Lis