Stakeholder Pertanian Diskusikan Pelaksanaan Sergap
Cari Berita

Stakeholder Pertanian Diskusikan Pelaksanaan Sergap

wajo terkini
Jumat, 12 Agustus 2016





WAJOTERKINI.COM ,Soppeng -- Para stakeholder pertanian melakukan dialog dalam rangka pelaksanaan Serap Gabah Petani (Serbap) di ruang rapat gabungan SKPD Kabupaten Soppeng, Jalan Salotungo, Watansoppeng,  Kamis 11/08/2016.

Stakeholder tersebut diantaranya para petani dan penyuluh pertanian, pengurus Gapoktan, Bulog, personil TNI pendamping pertanian, Camat dan lurah serta Kepala Desa, bahkan para pimpinan Forkopimda diantaranya Bupati Soppeng, Dandim 1423 Soppeng, Kapolres dan Kajari Soppeng turut langsung dalam kegiatan tersebut dalam rangka memantapkan Sergap musim tanam 2016.

Awal panen Musim Tanam (MT) 2016 telah dimulai pada bulan Juli lalu, dan diperkirakan akan memasuki puncak panen pada September mendatang, sehingga pertemuan tersebut diharapkan dapat merumuskan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam pelaksanaan Sergap.

Bupati Soppeng yang memimpin pertemuan tersebut mengungkapkan perlunya menyatukan persepsi dari semua pemangku kepentingan tentang pertanian. "target tanam telah dicapai dan sarana berupa bantuan pertanian banyak tersedia di gudang Dinas TPH sehingga dapat menunjang pelaksanaan Sergap," ujar Bupati Soppeng.

"dipandang perlu untuk menyatukan persepsi dari semua pihak, aparat TNI sampai Dandim sendiri telah bekerja keras melakukan pendampingan pertanian, dan kalau perlu personil Pol PP dan Dinas Perhubungan diterjungkan dalam Satgas untuk turut serta" tambahnya.

Sedangkan Pelaksana tugas Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH), Andi Aswan menjelaskan diskusi yang dilakukan untuk mengindetifikasi potensi dan masalah dan menyusun mekanisme kerja yang jelas dan terukur dalam pelaksanaan Sergap. Selain itu, hasil diskusi juga nantinya akan membentuk tim Satgas dan Satker Sergap dan mengeliminir informasi negatif terkait Sergap.

"Pengalaman pada musim tanam lalu dalam pelaksanaan Sergap muncul berbagai masalah bahkan menimbulkan persepsi negatif karena tidak adanya mekanisme yang jelas dalam pelaksanaan Sergap, pertemuan ini untuk mencari solusi terhadap permsalahan itu" jelas Andi Aswan.

Dalam pertemuan tersebut, Kadis TPH mengungkapkan bahwa Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak akan memberikan arahan dan langkah-langkah strategis dalam Sergap. Selain itu Dandim 1423 Soppeng Letkol Inf. Yohannes Antonius Bojoh memberikan arahan tentang mekanisme kerja dan langkah perbaikan kedepan, sedangkan Kansilog Soppeng, Muh. Yatsir memaparkan gambaran pencapaian dan prosedur pelaksanaan Sergap.(wt-ad)