Paskibraka Wajo 2016 Bentuk Konfigurasi "Perahu Pinisi"
Cari Berita

Paskibraka Wajo 2016 Bentuk Konfigurasi "Perahu Pinisi"

Berita Wajo Terkini
Rabu, 17 Agustus 2016




Paskibraka Kabupaten Wajo tahun 2016 saat latihan di Lapangan Merdeka sengkang

WAJOTERKINI.COM ---Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Wajo setiap tahun berbeda. Untuk tahun 2016 ini Paskibraka akan membentuk konfigurasi "Perahu Pinisi" pada pelaksanaan upacara pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-71 Tingkat Kabupaten Wajo yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Sengkang Rabu 17 Agustus 2016.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) HA. Darmawangsa yang ditemui diruang kerjanya membenarkan kalau konfigurasi Paskibraka tahun ini akan membentuk "Perahu Pinisi".

HA. Darmawangsa menjelaskan, konfigurasi tersebut mengandung makna sebagai suatu proses perjalanan pembangunan generasi muda dan pembangunan bangsa ini menelusuri alam dengan menggunakan perahu pinisi dengan prinsip sekali layar berkembang Pantang Biduk Surut kembali. "

"Artinya, ketika proses pembinaan ini jalan, maka diharapkan kedepan pembinaan generasi muda bangsa ini maju lebih baik dengan kerja nyata sesuai dengan tema HUT RI ke 71 Indonesia Kerja nyata," ungkapnya.

Sekadar diketahui bahwa, Paskibraka Kabupaten Wajo tahun 2015 membentuk konfigurasi "Fassapu" (Ikat Kepala sultan Hasanuddin). Sementara pada tahun 2014 lalu telah membentuk konfigurasi "Sao" atau rumah adat Bugis, pada tahun 2013 membentuk konfigurasi "Pentagram" atau bintang lima sebagai simbol religius masyarakat Kabupaten Wajo, tahun 2012 membentuk konfigurasi "rantai emas" dan pada tahun 2011 membentuk konfigurasi "Lawasoji".(wt-zah)