Belawa Banjir Lagi, Puluhan Hektar Sawah Terancam Puso
Cari Berita

Belawa Banjir Lagi, Puluhan Hektar Sawah Terancam Puso

wajo terkini
Senin, 25 Juli 2016




Petani beralih profesi jadi nelayan
WAJOTERKINI.COM --- Warga di Laseru Kelurahan Belawa, Kecamatan Belawa, Kabupaten Wajo mendesak pemerintah segera melakukan normalisasi Danau Tempe. Luapan Danau Tempe mengancam puluhan hektar are persawahan warga.

Sekitar 40 hektar are sawah yang baru ditanami padi terendam banjir akibat meluapnya air Danau Tempe. Dipastikan 30 hektar are alami puso atau gagal panen sementara sisanya 10 hektar are terancam gagal juga.

"Iya ini sudah sembilan hari terendam, kalau air tidak bertambah kemungkinan yang 10 hektar masih bisa selamat, tapi kalau tidak juga surut maka 40 hektar sawah gagal panen," kata seorang warga Laseratu, Tafa, Senin 25/7/2016.

Diketahui, ini kali keduanya untuk tahun 2016 ini petani di lingkungan Laseratu gagal panen, dimana sebelumnya gagal panen akibat jebolnya tanggul kiri Sungai Bila di Tokadde Kelurahan Malakke, Kecamatan Belawa.

Kondisi ini pun dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki perahu dan alat tangkap ikan dengan beralih menjadi nelayan, sementara petani lainya hanya berdiam diri di rumah menunggu air surut.

"Kami sangat mengharapkan adanya perhatian dari pemerintah, pihak terkait turun langsung ke lokasi banjir serta yang terpenting normalisasi Danau Tempe dipercepat,"kata warga lainnya.(wt-cn)