Ratu Padi Ditemukan, Petani Setempat Ucap Syukur
Cari Berita

Ratu Padi Ditemukan, Petani Setempat Ucap Syukur

Berita Wajo Terkini
Sabtu, 23 April 2016

WAJOTERKINI.COM ,Soppeng -- Datu Ase (Ratu Padi) mendadak jadi perhatian warga di Desa Ganra, Kecamatan Ganra, Kabupaten Soppeng, Sabtu 23/4/2016. Datu Ase itu berada dilahan persawahan milik Rosida.

Lahan berbatasan langsung Desa bakke dengan Desa Enrekang sontak saja mengundang kerumunan warga yang penasaran dengan padi tersebut.

Konon, Datu Ase merupakan satu rumpun padi yang berisi pelbagai varietas didalamnya. Masyarakat setempat percaya Datu Ase sebagai penguasa dari ranah bawah tanah dan juga bulan yang merupakan pengatur dari kehidupan, kekayaan, dan kemakmuran.

"Awalnya, pemilik lahan persawahan mengaku dapat bisikan jika di sawahnya terdapat Datu Ase, pas kesana rame-rame benar ada,"ungkap warga sekitar, Ilham Rais.

Lanjut Ilham, Ratu Padi tersebut sudah dipotong dan dibawa ke rumah Rosida, pengambilan dilakukan mengenakan baju tokko yang merupakan pakaian adat suku bugis. Warga sekitar sambut penuh suka cita keberadaan Datu Ase tersebut.

"Warga setempat percaya Datu Ase dapat meningkatkan hasil produksi padi. Petani disana bersyukur dan berharap itu sebagai berkah yang akan berdampak positif pada hasil padi,"tambah Encong.(wt-chal)