Datu dan Permaisuri Disuguhi Tari Lipa Sabbe di HJS
Cari Berita

Datu dan Permaisuri Disuguhi Tari Lipa Sabbe di HJS

Berita Wajo Terkini
Rabu, 23 Maret 2016


WAJOTERKINI.COM ,Soppeng -- Selain meriah peringatan Hari Jadi Soppeng (HJS) ke 755 yang dipusatkan di Stadion Andi Wana Kabupaten Soppeng, Rabu 23/03/2016, terlihat kental dengan budaya lokal di daerah ini.

HJS diwarnai atraksi budaya. Selain itu, puncak HJS juga dihadiri oleh Datu Soppeng, Andi Tantu Datu Galib bersama permaisuri, Andi Wikra Datu Razak.

Para tamu undangan dipukau oleh penampilan atraksi budaya yang dipentaskan dalam acara tarian lipa Sabbe, yang dipadukan dengan osong (Bugis) atau Angaru (Makassar).

Osong atau angaru sendiri merupakan sebuah ikrar setia yang dilakukan oleh seorang to barani (prajurit atau panglima perang) dihadapan sang raja atau "Angngaru' ini menjadi sumpah setia kepada raja, akan mati mendahuluinya jika ada yang berani menganggu rajanya.

Tarian lipa sabbe yang dipadukan dengan ritual osong/angaru tersebut, dipersembahkan oleh sanggar Marioriwawo kerjasama dengan SMA Negeri 1 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Tari Lipa Sabbe melibatkan sebanyak 150 penari dari siswa SMA Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Dalam tarian Lipa Sabbe ini sendiri digambarkan bagaimana proses awal sutera sampai menjadi sarung. Tarian ini, juga menggali kembali nilai-nilai budaya yang selama ini mulai terkikis. Diketahui Kabupaten Soppeng pernah jaya dan terkenal sebagai penghasil sutera di Sulsel.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak mengatakan, melalui momentum hari jadi Soppeng ke 755 Pemkab Soppeng bertekad dan meneguhkan komitmen untuk memajuka Soppeng, lebih baik dari sebelumnya.

"Tema HJS adalah tanpa sekat menuju Soppeng lebih baik, tema ini merupakan tekad masyarakat Soppeng, untuk soppeng lebih baik. Saya dan Wakil Bupati akan berdiri diatas semua golongan dan memberikan yang terbaik di bumi Latemmamala," kata Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak.(wt-ais)