Ada Pungli Di Pasar Solo?
Cari Berita

Ada Pungli Di Pasar Solo?

Berita Wajo Terkini
Senin, 29 Februari 2016


WAJOTERKINI.COM --- Pungutan liar (Pungli) di Pasar Solo, Kecamatan Bola, Kabupaten Wajo dikeluhkan pedagang. Pedagang pasar dimintai pungutan oleh Kepala Pasar tanpa alasan yang jelas.

Pungutan yang diminta tak sedikit. Setiap pedagang dimintai Rp1,5 juta. Anggota Komisi III, Baso Oddang mengatakan, banyak pedagang yang megadu ke dirinya mengenai pungutan yang dilakukan kepala pasar.

Setelah politisi asal Partai PDIP itu mengkonfirmasi ke Dinas Pasar, katanya tidak ada pembayaran di Pasar Solo. Karena pasar lagi dilakukan renovasi.

“Banyak pedagang yang menyampaikam aspirasi ke saya mengenai pungli yang dilakukan Kepala Pasar Solo. Tidak jelas juga apa motif pungutannya. Yang jelas pasar Solo sekarang lagi dilakukan renovasi,” tegasnya.

BAO, sapaan akrab Baso Oddang pun meminta kepada SKPD terkait untuk menindak oknum tersebut yang melakukan pungli. Namun, adanya tuduhan pungli di Pasar Solo dibantah Kepala Pasar Solo, Surbyanto. Dia mengatakan, tidak pernah meminta pungutan ke pedagang. Namun, dia curiga ada oknum yang mengatasnamakan dirinya.

“Memang pedagang pasar sempat mendatangi ruangan saya untuk meminta tempat yang strategis. Bahkan mereka mau membayar berapa saja. Tapi saya tidak pernah gubris,” ujarnya.

Dia pun akan mengumumkan lewat pengeras suara untuk membersihkan namanya di pedagang pasar.”Saya mau pinjam pengeras suara dari Kapolsek untuk mengumumkan ke pedagang pasar bahwa tidak ada pungutan. Itu untuk memperbaiki namanya,”ujarnya.(wt-chiwang)