Produksi Panen Meningkat, Malah Harga Cengkeh Menurun
Cari Berita

Produksi Panen Meningkat, Malah Harga Cengkeh Menurun

Berita Wajo Terkini
Sabtu, 22 Agustus 2015

WAJOTERKINI.COM --- Harga komoditi Cengkeh di Kabupaten Wajo beberapa kali mengalami perubahan harga. Terhitung sejak bulan Juli-Agustus, harga cengkeh kering perlahan turun jelang musim panen tahun ini,  dari harga Rp120 ribu turun drastis hingga Rp 84 ribu per kilogram.

Sebelumnya, petani sempat menjual cengkeh kering hingga Rp120 ribu per kilogram di Bulan Juli 2015 lalu. Namun sejak itu harga jual Cengkeh beberapa kali mengalami penurunan harga. Dari harga Rp120 ribu  per kilogram turun menjadi Rp95 ribu per kilogram itu tercatat 13 Juli lalu.

Pada tanggal 1 Agustus kembali harga cengkeh turun hingga Rp83 ribu per kilogram dan berlanjut pada 6 Agustus 2015 harga jual cengkeh kering menurun hingga Rp78 ribu per kilogram, dan terakhir Kamis 20 Agustus ada kenaikan harga yang tidak signifikan bertengger di kisaran Rp84 ribu per kilogramnya.

"Sudah beberapa kali turun, awalnya masih sempat dijual 120.000 per kilogramnya, tapi beberapa hari yang lalu harga penjualan hanya 84.000 per kilogram," kata  salah seorang petani cengkeh asal Siwa, Muhammad Basri.

Beruntungnya, lanjut Basri, hasil produksi cengkeh mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun 2014 yang lalu. Bahkan panen raya untuk tahun 2015 ini diperkirakan, produksi petani cengkeh akan mengalami peningkatan. "Hasil panen cengkeh cenderung meningkat jika dibandikan panen sebelumnya, selain itu kualitasnya pun cukup bagus," tambah Basri.

Terpisah salah seorang pedagang Cengkeh di Kecamatan Pitumpanua, Siwa, Asma mengatakan, harga cengkeh sampai hari ini Rp85 ribu  per kilogram jika jual dalam jumlah banyak dan kualitas yang bagus. "Sedangkan cengkeh yang sudah mekar, harga hanya berkisar Rp 84.000 per kilogramnya pak," kata Asma.(wt-ibe)