Disdik Pantau Ujian Nasional Kejar Paket C di Dua Lokasi Berbeda
Cari Berita

Disdik Pantau Ujian Nasional Kejar Paket C di Dua Lokasi Berbeda

Berita Wajo Terkini
Selasa, 14 April 2015

WAJOTERKINI.COM --- Selain memantau Ujian Nasional (UN)  tingkat SMA, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, Jasman Juanda juga melakukan pemantaun UN Kelompok Belajar (Kejar) Paket C, yang dilaksanakan serentak dengan Ujian nasional tingkat SMA/sederajat, di Gedung YP.Puangrimaggalatung Sengkang, Senin 13 April 2015 (kemarin), yang rencananya akan berakhir 15 April 2015 mendatang.

Jasman Juanda saat memantau UN Kejar Paket C

Menurut Jasman juanda, Kelompok Belajar atau Kejar adalah jalur pendidikan nonformal yang difasilitasi oleh Pemerintah untuk siswa yang belajarnya tidak melalui jalur sekolah, Warga belajar Paket C yang lulus UN nantinya, dapat memiliki hak untuk bisa meneruskan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi serta ijazah yang diperoleh diakui setara dengan ijazah SMA/Sedrajat.

"Pelaksanaan program Ujian Nasional (UN) setara SMA/Sederajat paket C di Kabupaten Wajo ada tiga lokasi, yaitu di gedung YP.Puangrimaggalatung Sengkang, Gedung SKB dan ada satu lagi di Kecamatan Keera. Suasana yang kami pantau di dua lokasi pelaksanaan UN berjalan dengan aman dan tertib, soal-soal juga tidak ada masalah, cuman saja ada beberapa orang peserta yang memang tidak hadir berhubung karena sakit,"jelasnya.

Ditempat yang sama, Penyelenggara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Harapan Bangsa, Patombongi, mengatakan, yang terdaftar di PKBM harapan bangsa untuk tahun 2015 sebanyak 47 orang. Namun, yang mengikuti ujian nasional hanya ada 40 orang.

Drs. Jasman Juanda Kadisdik Wajo
"Siswa yang tidak mengikuti ujian dengan alasan sakit, PKBM Harapan Bangsa berterima kasih kepada YP.Puangrimaggalatung Sengkang yang telah bersedia memfasilitasi tempat untuk ujian dan selamat kepada para peserta yang bisa mengikuti ujian penyetaraan. Semoga para peserta nantinya dapat lulus dan dapat memanfaatkan ijasah ini dengan baik," harap Patombongi.

Terpisah, salah seorang peserta UN Paket C, Fitri mengaku sangat senang, karena dapat mengikuti program Kejar Paket C tahun ini. Menurutnya, selain biaya yang dianggapnya relatif murah, program Kejar Paket C tidak merepotkan.

"Tidak mahal dan tidak terlalu repotki. Sementara informasi yang saya dengar ijazah yang diperoleh nantinya bisa digunakan kuliah, sama seperti lulusan SMA sehingga tidak perlu takut atau malu untuk ikut Kejar Paket C," ungkapnya.

Seperti yang diketahui, untuk memberi kesempatan kepada masyarakat yang tidak dapat menyelesaikan jenjang pendidikannnya hingga akhir tingkatan, Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo, juga menyelenggarakan UN Paket kesetaraan, Paket C (setara SMA). (wt-ibe).