Pameran Benda Pusaka Peninggalan Kerajaan Bone
Cari Berita

Pameran Benda Pusaka Peninggalan Kerajaan Bone

Berita Wajo Terkini
Minggu, 23 November 2014

BONE, WAJOTERKINI.COM --- Keberadaan Kabupaten Bone sebagai bekas kerajaan besar tentu mempunyai peninggalan ragam senjata-senjata pusaka, baik berbentuk badik, keris (tappi'),parang (alameng), tombak. Ragam pamor, teknik tempa maupun budaya metalurgi para panre (empu) dimasa kerajaan Bone dahulu menghasilkan hasil karya yang indah bahkan terkenal ke seluruh pelosok Nusantara.

Penggunaan Pollobessi (badik, tappi, dll) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat Bone, dimana Pollobessi selain merupakan senjata, juga merupakan simbol untuk menunjukan status atau kekuasaan. Pollobessi juga dianggap sebagai pakaian seorang laki-laki Bugis Bone, sebagai pengganti tulang rusuk, penegak harga diri atau yang terkenal dengan istilah siri'.

Di Bone sendiri terdapat bermacam-macam ragam polobessi yang terkenal seperti badik. Yang terdiri dari beberapa jenis yang terkenal seperti Raja, La gecong, Luwu, toasi; parang terdiri dari alameng, senangke; tombak terdiri dr tajeruk, batanglara; tappi terdiri dari sapukala, lamba, parung kasalang.

Dalam rangka melestarikan pusaka-pusaka pollobessi tersebut, sekelompok pemerhati Pusaka di Kabupaten Bone "LAMAKAWA" mengadakan pameran senjata-senjata pusaka di kantor Kecamatan Ulaweng. Pada pameran kali ini bukan saja jenis-jenis senjata pusaka yang dipamerkan tetapi bnuak juga batu permata lokal bone yang dipamerkan. Pameran ini direncanakan mulai tanggal 21 november s/d 23 november 2014.(wt-hsb).